TAHUKAH ANDA SIAPA MANUSIA PALING PANDIR DAN PALING CELAKA ?

Pernah tahu nggak, ada orang yang sudah deket rumahnya, malah nyasar dan menjauh… Itulah orang paling pandir…

Inilah ilustrasi yang dijadikan gambaran sebagai orang terpandir oleh Ibnul Qoyyim rahimahullâhu, dimana beliau berkata :

أغبى الناس من ضل في آخر سفره وقد قارب المنزل

Manusia paling pandir itu, adalah orang yang tersesat di akhir perjalanannya padahal ia sudah dekat dengan rumahnya.
(al-Fawâ’id hal 107)

Mungkin, dua kisah nyata ini bisa menjadi pelajaran buat kita…

(1) pernah dengar Abdurrahman bin Muljam? Seorang yang pernah dipuji keshalihannya oleh Umar bin Khathab dan dijadikan pengajar al-Qur’an di zaman beliau.
Ya, dia adalah penghafal al-Qur’an dan ahli ibadah, siangnya berpuasa malamnya sholat malam.
Ternyata dia terfitnah kecantikan seorang wanita berfaham khowarij bernama Fitham. Saat mempersuntingnya, Fitham mempersyaratkan mahar nya adalah membunuh Sayyidina Ali. Maka ia pun di akhir hayatnya menjadi khowarij jahat yg membunuh Ali. Setelah ditangkap, dia dipotong kedua tangan dan kakinya, matanya dicongkel dan jasadnya dibakar. Benarlah sabda Nabi bahwa khowarij itu ‘sejelek2 bangkai di kolong langit’

(2) pernah dengar Abdullah al-Qasimi. Awalnya termasuk pembela dakwah tauhid, bahkan dipuji oleh al-Allamah as-Si’di rahimahullâhu. Dia memiliki kecerdasan luar biasa dan daya ingat hebat. Kemampuannya berdebat juga dipuji. Syaikh Ibnu Aqil yg pernah berdebat dengannya menceritakan bahwa al-Qasimi ini sempat hilang dari peredaran majelis ilmu dan sibuk dengan FILSAFAT. Sampai akhirnya al-Qasimi menulis buku² zindiq dan atheis, menunjukkan kemurtadannya.
Ya, dia mati dalam keadaan murtad, sombong dan menentang Allâh.

Dan masih banyak lagi kisah² nyata lainnya. Semoga kita bisa mengambil pelajaran.

Cinere, 14 Syawal 1441 H
@abinyasalma

Baca selengkapnya