ADAB BERMEDSOS

أحيوا الحق بذكره

 1⃣  Hidupkan/ marakkan kebenaran dengan cara menyampaikannya. ??

Kebenaran itu adalah yg selaras dengan Kitâbullâh dan Sunnah Rasulullah yang shahih/valid. Kebenaran yang paling tinggi adalah memenuhi hak Allah dengan cara mentauhidkan-Nya dan memenuhi hak Rasulullah dengan cara mengikuti sunnah beliau.

أميتوا الباطل بتركه

 2⃣  Matikan / tinggalkan kebatilan dengan cara meninggalkannya. ??

Semua yang bertentangan dan menyelisihi Kitâbullâh dan sunnah Rasulullah adalah bathil, dan kebatilan itu lawan dari kebenaran. Kebatilan yang paling besar adalah syirik, kemudian bid’ah, kemudian maksiat.

تجنبوا الصورالمحرمة

 3⃣  Jauhilah gambar-gambar yang diharamkan.
??

Yaitu gambar-gambar yang berisi maksiat seperti pornografi, wanita yang membuka aurat, gambar yang mengajak kepada kesyirikan, bid’ah, atau yang berisi fitnah dll

تجنبوا الجدال غير المفيد.

 4⃣  Tinggalkanlah perdebatan yang tidak bermanfaat!

Yaitu perdebatan kusir untuk menang-menangan, bukan untuk mencari kebenaran tapi untuk mencari pembenaran. Apalagi debat tanpa ilmu.

تجنبوا النكت التي تستهزىء بالدين والأشخاص
والشعوب

 5⃣ Jauhi canda yang mengandung hinaan terhadap agama, individu atau bangsa. ??

Menjadikan agama sebagai bahan olokan bisa membuat kafir, sedangkan mengolok individu atau suku/bangsa adalah dosa besar.

لا تكونوا مصدرا للإشاعة وتأكدوا من صحة الأحاديث
والقصص والأخبار

 6⃣  Jangan jadi sumber isu/ gosip, verifikasi terlebih dahulu kebenaran suatu hadits, kisah maupun berita.

Karena cukuplah seseorang itu dikatakan pendusta, apabila ia menyampaikan segala yang ia dengar. Dan betapa banyak kerusakan yang terjadi lantaran tergesa-gesa di dalam menyebarkan informasi tanpa verifikasi terlebih dahulu.

اجعلوا الكلمة التي ترسلونها شاهدة لكم لا
عليكم

7⃣   Jadikanlah tulisan yang anda kirim-kan itu sebagai saksi yang dapat me-nyokong anda, bukan yang malah melawan anda sendiri. ??

Maksudnya, setiap tulisan yang akan anda kirim, hendaknya dipastikan kebenaran isinya. Dan anda juga harus berusaha mengamalkan isinya tersebut. Jangan sampai menyebarkan tulisan yang mengajak orang lain untuk bersikap ramah dan santun, namun ternyata anda sendiri orang yang pertama kali menyelisihinya.

أي رسالة ترسلونها هي بمثابة توقيع منكم
بالموافقة على مضمونها
.

8⃣  Setiap artikel/risalah yang anda kirimkan, maka dianggap anda telah menyetujui konten/isinya. ??

Karena itu berhati-hatilah dari menshare atau menforward tulisan apapun sebelum membaca dan memahami isinya.

لا ترسل المقاطع
التي فيها موسيقى والمتبرجات لأنه يخشى أن تتحمل وزر كل من يشاهدها أو يسمعها إلى
يوم القيامة

9⃣  Jangan mengirim potongan video yang di dalamnya mengandung musik atau wanita-wanita yang bersolek, karena dikhawatirkan anda akan menanggung dosa semua orang yang menontonnya atau mendengarkannya hingga hari kiamat ??

Inilah yang disebut dengan dosa jariyah. Selama masih ada orang yang melakukan maksiat lantaran sebab anda, misal mereka melihat gambar maksiat yang anda kirimkan, maka senantiasa dosa tersebut mengalir kepada anda. Karena itu hati-hatilah dan waspadalah dari menshare /men-forward apapun…

Dialihbahasakan oleh @abinyasalma

Baca selengkapnya

Bantu Sebarkan Melalui...Email this to someone
email
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on Google+
Google+
Share on LinkedIn
Linkedin